18 Nov 2012

Public Speaking

Seneng deh bisa ikutan training mengenai Public Speking yang dibawakan sama Kak Naria (ASM nya Oriflame Rawamangun) hari kamis lalu, 8 November di PIM 2 tepatnya di Nutrikalbe.

Terjun di bisnis Oriflame bareng d'BC Network, aku banyak banget mendapatkan Ilmu pengembangan diri dan salah satunya adalah Public Speaking.
Latar belakang pekerjaanku sebelum resign adalah Sekretaris dan Marketing. Sebagai Sekretaris Corporate, tentunya aku banyak terhubung dengan banyak org dan menjadi media penyambung antara karyawan dan bos ku. Menjadi MC pada setiap kesempatan acara kantor dan meeting corporate. Apalagi dengan Marketing yang berhubungan dengan banyak customer, dalam mencari customer tentunya harus SMART saat berbicara dengan mereka karena saya membawa nama Perusahaan.

lalu apa hubungannya Materi Public Speaking dengan bisnis Oriflame?
Seringkali yah saya mendengar alasan dari Prospek ataupun downline saya yang berkata "Tapii saya ga bisa bicara mba.. ga pede" | Nahh lohhh.... "nanti ga bisa bicara beneran gimana? " :D 
Jujur aja awal nya juga saya pakai kata-kata diatas :D untuk menolak diajak bergabung di Oriflame.
Tapii akhirnya lama-lama saya malah sulit di hentikan jika ngomongi Oriflame. Gimana cara nya supaya bisa? Iyaa BELAJAR pastinya :) perdalam terus Ilmu basic Oriflame dan Ilmu d'BCN pastinya....sudah belajar tentunya langsung PRAKTEK!.

"Kekuatan terbesar di dunia adalah keinginan anda untuk berbicara"

Oke dan ini adalah Poin-poin yang di bicarakan/atau Ilmu dari kak Naria : 

  1. Be Yourself (Jadi diri sendiri) : Bersikaplah apa adanya/natural dan tidak dibuat-buat saat kita presentasi di depan banyak orang. 
  2. Be Bold (Berani Tampil)  : Berani berbicara. Percaya Diri karena modal utama jika menjalanin Bisnis adalah menjual diri anda *dalam tanda kutip yaaa* maksudnya menjual diri adalah... banggalah dengan apa yang sedang anda lakukan sekarang walapun anda masih baru sekali memulai dan belum mendapatkan apa-apa. 
  3. Be Different (Ingin berbeda) : Jangan terlalu sering menjadi copy cat, ada baikknya anda memiliki cerita dari pengalaman anda sendiri yang bisa anda sharing ke calon prospek anda atau ke Jaringan/Group. Boleh aja sih pakai cerita pengalaman orang lain, tapi akan terlihat berbeda greget nya.
  4. Be Funny & Entertain (humor) : Siapa pelawak favorite mu? bisa juga kita meniru cara humor nya,yang berbeda-beda dan setiap manusia mempunyai sisi humoris maka pakailah :)
  5. Be Engaging/Organizer (Teratur) : Usahakan setiap topik pembicaraan selalu berhubungan dengan TEMA dan juga TERTATA. Misalnya : kamu mau bicarakan apa niihh ke prospek atau calon member? Look Great? maka fokuslah membicarakan Loog great nya Oriflame, jangan di campur-campur spy orang yang mendengarkan kita juga bisa menelaah apa yg kita sampaikan. Tertata saat berbicara, nahh setelah Look great apa yg mau selanjutnya mau di omongin? misalnya make money naahh yukk fokus bicara bagaimana menghasilkan di Oriflame, jelasin apa aja yg bisa didapat dibisnis ini. dst... 
  6. Be Positive dan Passionate : Selalu Optimis dan Antusias dengan apa yang sedang kita bicarakan. 
  7. Be Challenging & Show them DREAM : Dalam bisnis saat anda berbicara didepan banyak org atas keberhasilan anda, maka cobalah Tantang audience anda agar Sukses seperti anda... 

Itulah 7 poin yang aku dapetin dari Kak Naria, kalau dihubungkan dengan Bisnis yang sedang aku jalani tentunya sangat bermanfaat banget, pengetahuanku semakin banyak dan tentunya aku juga kepingin banget bisa berbagi Ilmu ke Jaringanku spy tambah pinter-pinter saat berbicara tentang ORIFLAME pastinya ^ ^

Thank youuu Kak Naria... dan Mba Ade yg sudah memfasilitasi Training ini. ppssssttt katanya sik akan ada Public Speaking sessi 2 :) Asyyiiikkk....

Dan inilah Kami yang menjadi peserta Trainingnya Kak Naria :)




Salam

Shinta Lestari
Dir #2 Shanty SM
email : cukucuks@yahoo.com 


1 komentar:

Satria_interisti mengatakan...

Nice Info Mba...

Blog Mba Udah Aku Follow.... di Folbek yah blog gw...

thx :D